Hirarki Distribusi Internet Resources di Dunia

Bissmillah,

Mungkin sebagian masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang bergerak di bidang IT masih belum tahu bagaimana Internet resources (IP address dan AS Number/ Autonomous System Number) dikelola dan didistribusikan .

Di dunia ada lembaga atau organisasi yang mengelolanya dimana berdiri secara independent atau tidak ada yang memiliki seperti perusahaan atau dimiliki negara sekalipun. Lembaga / organisasi ini berdiri berawal dari komunitas Internet dimana Internet dibentuk dari beberapa network (jaringan komputer) yang cakupannya global maka dinamakan Internet.

Di dunia lembaga atau instansi yang mengelola Internet resources (IP address, AS Number dan resources lainnya) ada beberapa dan berikut pembagian dari tingkat global dan tingkat negara.

  1. RIR ( Regional Internet Registry)
    Lembaga atau organisasi yang mengelola registrasi/request dan alokasi Internet resources (IP address dan ASNumber) diwilayah tertentu di dunai.
    Di dunia RIR dibagi menjadi 5 regional yaitu:
    – African Network Information Center (AFRINIC) untuk regional/wilayah Afrika.
    – American Registry for Internet Numbers (ARIN) untuk  Amerika Serikat, Kanada, beberapa bagian wilayah karibia dan antartika.
    – Asia-Pacific Network Information Centre (APNIC) untuk wilayah Asia, Australia, New Zealand dan negera tetangganya atau negara kepulauan dekat Australia dan New Zealand seperti kepulauan Fiji, dll.
    –  Latin America and Caribbean Network Information Centre (LACNIC) untuk wilayah Amerika Latin dan beberapa bagian wilayah karibia.
    Réseaux IP Européens Network Coordination Centre (RIPE NCC) untuk wilayah Eropa, Rusia, Timur Tengah dan Asia Tengah.

Regional_Internet_Registries_world_map.svg

Peta RIR (Regional Internet Registry)

ipv4_hierarchy

Hirarki Distribusi alokasi Internet Resources

Leave a comment